Soto Betawi - Dapur Bunda Zidan&Syifa

PicoSearch

« Home | Blog DB di detik.com? alhamdulillah... » | Mie Goreng Sosis Ayam » | Tahu Gaya » | Sup Buntut » | Fruit Cocktail Salad » | Bubur Sumsum » | Pepes Telur Asin » | Oseng Tempe Cabe Ijo » | Barongko Bunda Inong » | Puding Roti Keju a la Inong » 

Thursday, October 13, 2005 

Soto Betawi

Tadinya gak niat bikin soto betawi hari ini, tapi tiba2 pas hujan tadi jadi kebayang makan soto betawi Mang Jum di Jl.Cilacap, Menteng, kok enak banget yaa.. hihihi.. Untungnya masih nyimpen resep soto betawi andalannya Hany di Braddell, so.. liat di freezer ada daging dan paru, wah.. jadi deh kita buka pake Soto Betawi hari ini.. huhuy.. !!

Ternyata bikinnya gak sesulit yang dibayangkan semula lho, wong cuma cemplung2 doang. Tapi belum apa2 wanginya udah kemana2. Sip deh!

Hany, resepmu kurapihin di sini ya, maaf kalau ada sedikit modifikasi :D

Update setelah buka puasa: Wuiiih.. alhamdulillah.. enaaaak banget.. Syifa sampe 2x nambah, Zidan?? Jangan ditanya, kalau gak dipelototin suruh stop ya gak akan stop...




SOTO BETAWI

Bahan2:

500 gr daging, rebus sampai empuk, potong kecil2.
250 gr paru, rebus, potong2.
2.5 L air rebusan daging + air tambahan

Bumbu:

5 siung bawang putih, haluskan bersama kulitnya.
1 bh bawang bombay, kupas, haluskan.
Laos seiris tipis
Jahe seiris tipis
3 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk
1 lbr daun sereh, (inget, satu lembar bukan satu rumpun, jadi ambil selembar aja ya)
200 ml santan Kara

Cara membuat:

Didihkan air, masukkan daging dan paru rebus yang sudah dipotong2,
Masukkan bawang putih dan bawang bombay yang sudah halus, aduk rata.
Masukkan semua bahan dan santan Kara, aduk sampai mendidih.
Beri garam, merica dan gula pasir, aduk rata.
Kecilkan api, biarkan mendidih sampai 30-40 menit.
Sajikan dengan pelengkap.

Bahan Pelengkap:

irisan daun bawang
irisan daun seledri
kentang, dikukus/digoreng, potong2 dadu besar.
irisan tomat
jeruk limau
kecap manis
emping
bawang goreng
sambal


Bahan Sambal:

Ulek semua bahan berikut,

cabe rawit, direbus 10 menit, tiriskan.
cuka
garam
1-2 sdm kuah soto

PicoSearch

JANGAN ASAL COPY PASTE..


** The Chef **

  • I'm BundaZidan&Syifa
  • Mom. Homemaker. 32. Two Kids. Love to cook. Love to write. Love to chat. Love to shop. And 'Sok' Busy Women. ;)

** Bunda's Blog **

** Album Foto DapurBunda **


    www.flickr.com
    This is a Flickr badge showing public photos from dapurbunda. Make your own badge here.


** Berita Bunda **




** Buku Bunda **



    ROTI - Manfred Lange & BBC



    Ini lho buku yang bikin Bunda ketimbun roti tiap hari.. ntar liat deh pipi Zidan ama Syifa udah kayak roti :D

** Kursus DB BANDUNG **



    Hari/tanggal : Sabtu, 16 September 2006
    Waktu : 10.00 - selesai
    Tempat : DB-Bandung Cimahi , Komplek Nusa Hijau Permai No. P-11
    Jl. Citeureup - Cimahi Telp. 022-6651226 / 0811210874
    (Rumahnya Teteh Uceu)
    Acara : Aneka Kue Kering :
    - Nastar Spesial
    - Kastengerl Spesial
    - Cheese & Cornflake Crunchy
    - Melinjo Surprise
    - Ebi Tasty
    Biaya : Rp. 50.000,- (Dibayar ditempat aja ya)

    Bonur Praktek : The Japannese Takoyaki (With Katsuo Bushi and Mayonaise Topping)


** Milis DapurBunda **



My blog is worth $22,581.60.
How much is your blog worth?


** Ngobrol di DapurBunda **

    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

** Tengkyu buat **

Powered by Blogger
and Blogger Templates



View My Stats