Lemper Ayam - Dapur Bunda Zidan&Syifa

PicoSearch

« Home | Sus Kering » | Iga Panggang Bawang Bombay » | Sate Padang » | Special Cakes for Special Friends » | Tahu Gejrot » | Gehu Special » | Bluder Tape Coklat Keju » | Tape Singkong » | Sayur Lodeh » | Kue Pukis » 

Monday, March 13, 2006 

Lemper Ayam

Dari kemaren2 tante Mela minta dibikinin lemper ayam, katanya sih buat Adam. Padahal siiih.. hihihii. Ya sudah, hari ini Bunda udah siapin dari pagi semua bahan2nya. Dibantuin Tante Wiwid untuk suwir2 ayamnya. Pas Tante Mela datang, udah jadi lempernya. Dan Zidan langsung habis... delapan!!



Lemper Ayam

Bahan :

500 gram ketan
500 santan
2 lembar daun salam
1 batang serai memarkan
1/2 sdt garam

Isi :
1 dada ayam rebus matang suwir-suwir
4 lembar daun salam
6 lembar daun jeruk
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdm air asam jawa
2 sdm minyak goreng

Haluskan :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
1 sdm ketumbar, sangrai
1 sdm gula pasir

Pembungkus : daun pisang secukupnya

Cara membuat :

Rendam ketan selama 2 jam, cuci bersih, tiriskan dan kukus 15 menit.
Angkat, sisihkan.

Kita buat isinya terlebih dahulu.
Tumis bumbu yang halus sampai wangi,
Masukkan santan, ayam, salam dan daun jeruk, air asam, masak hingga matang dan santan habis,
Angkat dan tiriskan.

Rebus santan bersama daun salam, serai dan garam, masukkan ketan yang telah dikukus dan aroni hingga seluruh santan dihisap oleh ketan.
Angkat, sisihkan.

Siapkan loyang persegi olesi dengan minyak.
Taruh setengah bagian ketan, ratakan.
Taruh isian di atasnya, ratakan dan tutup dengan setengah sisa ketan.
Ratakan dan padatkan.
Kukus sampai matang.
Angkat, balik di atas tempat beralas plastik.
Potong2 sesuai selera.
Bungkus dengan daun pisang.
Sajikan.

enak sekali, tapi biar lebih mudah menbuatnya, saya didihkan santan bersama ketan trus di aduk2 sampai agak kering, baru di kukus sampai matang ,dan saya tidak pakai loyang lagi, langsung dibulatkan bersama isinya ,lalu di beri daun dikit, lalu dibungkus pakai aluminium foil, biar kalo tidak abis hari itu, bisa dipanaskan di toster 10 menit baru di makan lagi gitu, terima kasih resepnya ya,
dari :SUMI

Bunda, aku mau coba resep lempernya ya.. Mudah2an berhasil

bunda, klo ayamnya pake ayam giling yang tinggal beli dari supermarket supaya ga repot suir2nya rasanya bakal berbeda ga ya?

aku ikutan nimbrung ya...
entah mana yang lebih mudah,tapi kalo aku gak perlu didihkan santan,intinya gini:
kukus ketan selama 1/2 jam,angkat lalu tambahkan santan sedikit2 (santan tidak perlu di masak dulu ) setelah semua rata,ulangi kukusnya lebih kurang 45 menit,angkat dan lemper siap dicetak.
Ps: setelah lemper di gulung,kukus (kalo suka) jika masih tersisa banyak masukkan ke dalam freezer,lalu ambil seperlunya dan kukus dulu sebelum dihidangkan ( trust me ini lemper ini bisa tahan sampai seminggu di freezer)

makasih ya binda atas resepnya :-D

In my opinion everybody should browse on this.

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

Kami menyediakan informasi agen rental mobil dan sewa mobil Paket sewa mobil harian, mingguan dan bulanan.

nice article…thanks, nice can't wait for this...thanks

waralaba / franchise bimbel - peluang usaha modal kecil hasil maksimal

Post a Comment

PicoSearch

JANGAN ASAL COPY PASTE..


** The Chef **

  • I'm BundaZidan&Syifa
  • Mom. Homemaker. 32. Two Kids. Love to cook. Love to write. Love to chat. Love to shop. And 'Sok' Busy Women. ;)

** Bunda's Blog **

** Album Foto DapurBunda **


    www.flickr.com
    This is a Flickr badge showing public photos from dapurbunda. Make your own badge here.


** Berita Bunda **




** Buku Bunda **



    ROTI - Manfred Lange & BBC



    Ini lho buku yang bikin Bunda ketimbun roti tiap hari.. ntar liat deh pipi Zidan ama Syifa udah kayak roti :D

** Kursus DB BANDUNG **



    Hari/tanggal : Sabtu, 16 September 2006
    Waktu : 10.00 - selesai
    Tempat : DB-Bandung Cimahi , Komplek Nusa Hijau Permai No. P-11
    Jl. Citeureup - Cimahi Telp. 022-6651226 / 0811210874
    (Rumahnya Teteh Uceu)
    Acara : Aneka Kue Kering :
    - Nastar Spesial
    - Kastengerl Spesial
    - Cheese & Cornflake Crunchy
    - Melinjo Surprise
    - Ebi Tasty
    Biaya : Rp. 50.000,- (Dibayar ditempat aja ya)

    Bonur Praktek : The Japannese Takoyaki (With Katsuo Bushi and Mayonaise Topping)


** Milis DapurBunda **



My blog is worth $22,581.60.
How much is your blog worth?


** Ngobrol di DapurBunda **

    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

** Tengkyu buat **

Powered by Blogger
and Blogger Templates



View My Stats