Sate Padang - Dapur Bunda Zidan&Syifa

PicoSearch

« Home | Special Cakes for Special Friends » | Tahu Gejrot » | Gehu Special » | Bluder Tape Coklat Keju » | Tape Singkong » | Sayur Lodeh » | Kue Pukis » | Bobor Bayam Daging & Telur Puyuh » | Sayur Asem Sunda » | Puding Tahu Kuah Peach » 

Monday, March 06, 2006 

Sate Padang

Kebetulan ada teman baik hati yang memberikan sepotong lidah sapi oleh2 dari Jakarta. "Waaaah,.. alamat bikin sate padang nih." Jadi sepotong lidah itu langsung direbus, ditambah seonggok daging sapi, dan sejumlah bumbu. Pagi2 telfon si teman baik hati itu untuk membantu menusuk2 si lidah dan daging tadi di sejumlah tusukan sate yang sudah saya siapkan. Sementara saya membuat sausnya, dan si teman asyik membakar tusukan2 itu. Satu jam kemudian kami siap bersantap siang bersama.. sambil menikmati setiap tusukan, diresapi sampai ke hati. Hehehe. "Enaaaak, Bun." komplimen indah dari mulutnya. Siiip.
Teman2ku yang lain, tunggu undangan santap siang bersama Sate Padang di rumahku ya...



SATE PADANG

Bahan :

Lidah sapi, rebus matang, potong dadu
Daging sapi has dalam, potong dadu
1 batang sereh memarkan
2 cm jahe memarkan
2 cm lengkuas memarkan
1 lembar daun kunyit
4 lembar daun jeruk
500 ml air
50 gram tepung beras, larutkan dengan sedikit air

Haluskan :
4 cabai merah kering
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar, sangrai
1 sdt jintan bubuk, sangrai
5 cm kunyit
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

Pelengkap : ketupat dan bawang goreng

Cara membuat :
1. Campur bumbu yang dihaluskan dengan daging sapi dan lidah sapi, diamkan selama 20-30 menit.
2. Masak daging dan bumbu rendaman beserta sereh, jahe, lengkuas, daun kunyit dan daun jeruk hingga matang, angkat daging dan kentalkan kuah dengan larutan tepung beras hingga mengental, angkat.
3. Siapkan tusukan sate. Tusuk 4-5 potong daging dan panggang di atas bara api sebentar, angkat.
4. Siapkan piring beri ketupat dan sate, tuangkan sausnya, taburi dengan bawang goreng.
5. Sajikan hangat.



Sumber: Indosiar

Halo Bunda,
Thanks untuk resep sate padangnya, kebetulan lagi kepingin, ternyata di sini engga restoran indo yang jual.
Mau nanya nih, di singapore dimana bisa beli bumbu2 seperti jintan, kunyit, lengkuas, sereh, daun jeruk?

ada dimana2 kok yolinda yah...
hi, salam kenal...
:)

biasanya di sheng siong, ntuc ato giant gt ada..ada yg dalem bungkus besar ada yg bungkus kecil ajah buat jintan, merica gt...

kunyit, lengkuas, sereh, daun jeruk jg ada..
klo kurang lengkap, biasanya bisa dibeli di pasar basah gt, bisa minta sesuai yg kita butuh aja..

ok, selamet masak..

oya, bunda...
salam kenal dulu yah..
aku dah beberapa kali liat resep masakan dr bunda, di blognya bunda zidan&syifa..

makasih yah, kadang klo binun mo masak apa, ato nyari resep makanan yg lagi dipengenin, ya browsing..ketemu lah blog masakan bunda...

oya...
kayaknya sate padangnya lebih gurih klo dikasih santen ya bunda...
tp tergantung selera yah..:)

aku paling suka sate padang...
temen2 dah pada tau deh kalo aku tuh paling doyan..kalo mau ditraktir pasti pilihannya cuman satu..SATE PADANG!!!!hehehehe...

bu, kayaknya ketumbarnya kebanyakan nggak sih?

klo dicobain sih rasanya sih bener, tapi diakhir rasanya ada rasa/bau yang menusuk..

tolong dijawab ya.. saya nggak tau ini salahnya saya dimana T_T

aduh bunda satenya enak sekali pengen nyoba kapan-kapan...

Halo Bunda,

Thanks banget ya untuk resep sate padangnya. Ini makanan favorit saya dan suami. Kami udah hampir 2 tahun ngga makan sate padang karena kebetulan di kota tempat kami tinggal di state Iowa, US, ngga ada restoran indo dan ngga tau cari bahannya dimana aja. Meskipun bumbunya agak susah di dapet disini, tapi akhirnya dapet juga setelah nitip temen kesana kemari, hahaha...

jadi ngga sabar pingin masak sate padang nih. Makasih banyak :D

Terimakasih bunda..Semoga resep2 Bunda selalu berguna buat semua orang..Dan semoga Bunda mendapatkan tempat yang lebih Indah disana..Amin.
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang | morat marit | cah bagoes | oes tsetnoc

terima kasih resepnya....
sangat bermanfaat...

wuih,.. mantab,..nih,... lazist heheheh,.. makasih bund,.. nice food :))

haloo,. bunda makasih ya sudah bagi-bagi resepnya :-D

Ondeh mandeh,,,lamakny rasonyo lai,, lah lama bgt ga' makan sate padang,yg enk mkan lsng dr kota asalnya,,, Mantaaap...jd pngen pulkam n mkn sate dsn,,hehehe,,jauh amat, klo bikin sndri, kemana-mana rasanya,hehehehe,,,Salam sukses dari sang penjual : Lukisan Minimalis

Aduh Bunda Zidan, tulisan resepnya kok kecil2 banget, sampe pegel mata ngebacanya. Tapi makasih bisa dapat resep lidah sapi.

Mbaak reseppnya bikin ngilerr, duhh senengnya klo pinter masak kayak mbak..aku ijin kopi resep yaa, dan kalau berkenan Mbak lagi cari pakaian muslim anak silakan mampir ke toko aku mbaak, spesial diskon dech :) (0858 5263 1344)

enak nih kyaknya...nyoba ah...

I've tried to sate padang blum before, but if you d see from your article seems to sate the good

It can't really have success, I feel so.

Post a Comment

PicoSearch

JANGAN ASAL COPY PASTE..


** The Chef **

  • I'm BundaZidan&Syifa
  • Mom. Homemaker. 32. Two Kids. Love to cook. Love to write. Love to chat. Love to shop. And 'Sok' Busy Women. ;)

** Bunda's Blog **

** Album Foto DapurBunda **


    www.flickr.com
    This is a Flickr badge showing public photos from dapurbunda. Make your own badge here.


** Berita Bunda **




** Buku Bunda **



    ROTI - Manfred Lange & BBC



    Ini lho buku yang bikin Bunda ketimbun roti tiap hari.. ntar liat deh pipi Zidan ama Syifa udah kayak roti :D

** Kursus DB BANDUNG **



    Hari/tanggal : Sabtu, 16 September 2006
    Waktu : 10.00 - selesai
    Tempat : DB-Bandung Cimahi , Komplek Nusa Hijau Permai No. P-11
    Jl. Citeureup - Cimahi Telp. 022-6651226 / 0811210874
    (Rumahnya Teteh Uceu)
    Acara : Aneka Kue Kering :
    - Nastar Spesial
    - Kastengerl Spesial
    - Cheese & Cornflake Crunchy
    - Melinjo Surprise
    - Ebi Tasty
    Biaya : Rp. 50.000,- (Dibayar ditempat aja ya)

    Bonur Praktek : The Japannese Takoyaki (With Katsuo Bushi and Mayonaise Topping)


** Milis DapurBunda **



My blog is worth $22,581.60.
How much is your blog worth?


** Ngobrol di DapurBunda **

    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

** Tengkyu buat **

Powered by Blogger
and Blogger Templates



View My Stats